Jan 13, 2013

Specials - Scott Westerfeld




Tally telah bergabung dengan Special Circumstances, aparat rahasia pemerintahan kota yang bertindak seperti militer. Mereka menjalani operasi yang menjadikan mereka “rupawan bengis,” rupawan namun mengerikan.

Bersama Shay dan kelompok Cutter, Tally memburu Smoke Baru. Sebagai anak emas Dr. Cable di Special Circumstances, mereka berusaha menghentikan upaya Smoke Baru mengobati kaum rupawan. Namun Tally merasa bimbang ketika Zane, pacarnya yang masih mengalami kerusakan otak, berbeda pendapat.

Tally kembali dihadapkan pada pilihan sulit, memilih pacar yang dicintainya tetap rupawan, atau memaksanya berubah menjadi spesial—seperti dirinya. Dan Tally tak pernah membayangkan pilihannya berujung pada masalah serius yang melibatkan kota lain, bahkan dunia.




Frigteningly beautiful,
Dangerously strong.
Breathtakingky fast.

Shay berhasil mengubah Tally menjadi special seperti dirinya. Orang-orang spesial menjalani operasi khusus yang memberikan mereka banyak kelebihan. Mereka bisa melihat seperti kelelawar dimalam hari, bisa mencium bau asap dalam jarak 10 km, bisa mencium bau badan orang Smoke dari jarak 1 km, bisa menyembuhkan diri dengan cepat *tapi tidak secepat Damon Salvator* #eh

Shay, Tally, dan anggota Cutter lainnya, diubah menjadi Special Circumtance yang spesial. Mereka di latih alam bebas, terbiasa hidup dialam bebas. Bahkan lambung Tally dioperasi sehingga bisa mencerna tumbuhan liar, mereka juga punya semacam perangkat software dalam tubuhna. #semacamkomputerberjalankali.

Para spesial ini punya satu tujuan, menghancurkan Smoke baru, menangkap David dan rekan-rekannya. Suatu malam para spesial ini mencoba untuk mengacaukan pesta anak-anak buruk rupa, yang ternyata telah disusupi oleh orang Smoke. Acara merusak pesta ini berubah menjadi acara penyerangan kaum Smoke terhadap kaum spesial.Tally dengan semua kespesialannya seharusnya bisa menaklukan orang-orang Smoke yang tidak memiliki peralatan secanggih mereka, sayangnya Tally dan yang lainnya salah. Smoke baru telah berubah, mereka memiliki kacamata yang dapat membantu mereka melihat di tengah malam,dan mereka sangat pintar karena mereka berhasil mencuri hoverboard kelompok Cutter.

Orang-orang Smoke berhasil mencuri Fausto dan Shay, sewaktu Tally hendak menyelamatkan mereka, dia bertemu dengan David. Tally memang tidak berhasil menyelamatkan Fausto, tapi dia dia berhasil menyelamatkan Shay. Shay yang saat itu masih membenci Tally karena telah merebut David dan Zane, tapi Shay tidak bisa selamanya membenci Tally karena mereka bersahabat.

Shay adalah pemimpin Cutter, Tally selalu patuh terhadap gadis itu. Shay merencanakan sesuatu untuk menyelamatkan Fausto, tanpa mereka sadari bahwa Fausto adalah kelinci percobaan dari ibu David. Seperti Tally ketika memutuskan untuk menjadi rupawan, demikian juga Fausto bersedia menjadi kelinci percobaan untuk menemukan pengobatan untuk kaum Spesial.

Rencana Shay adalah membantu Zane dan anggota Crim yang lain untuk melarikan diri dari kota menuju Smoke baru. Kendala terbesar Tally dan Shay adalah rantai yang di kenakan Zane, rantai itu harus dilepas kalau tidak rencana mereka tidak akan berhasil. Sayangnya rantai itu terbuat dari bahan kerangka pesawat, alat yang bisa melepaskannya ada di gudang senjata.

Gudang senjata tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang, termasuk Spesial Circumstance. Shay dan Tally harus mencari cara agar tidak ketahuan. Disaat mereka nyaris ketahuan, Shay memecahkan botol cairan nano yang menghancurkan semua benda yang ada di gudang tersebut. Singkat cerita, gudang tesebut hancul dan menimbulkan ledakkan yang menghebohkan seluruh kota.

Ketika rantai Zane berhasil lepas, dia dan anggota Crim yang lain melarikan diri dari kota. Pelarian mereka dikawal oleh Shay dan Tally yang bersembunyi dibalik jaket pelindung mereka. Jaket pelindung berfungsi seperti jubah tembus pandang milik om Harry Porter, jadi mereka berdua tidak terlihat oleh anggota Crim.

Pelarian itu membawa Tally pada kota yang bernama Diego. Kota tersebut ternyata sudah lama membantu para pelarian dari banyak kota. Di Diego, Tally mejumpai para rupawan yang dioperasi dengan standart yang berlebihan yang ditetapkan oleh Komite Rupawan. Di kota ini para rupawan dan buruk rupa hidup berdampingan, anak-anak dan orang dewasa juga bermain bersama, tidak ada perbedaan disini. Tally juga menyadari bahwa otak para rupawan itu tidak memiliki lesi, mereka bebas menyuarakan pendapat mereka.

Yang tidak disukai Tally adalah kota itu mulai menebangi hutan di sekitarnya untuk memperluas daerah mereka, hal ini dikarenakan penduduk kota itu terus meningkat. Ketika ada pesta di Diego, Tally bertemu Fausto dan orang-orang yang mau menyerang dirinya. Dalam pelariannya Tally berhasil di tanggap oleh pihak keamanan Diego.

Dokter-dokter Diego ingin merubah Tally, tapi sayannya mereka tidak berhasil karena Tally diselamatkan oleh Shay. Pada hari itu juga Diego diserang oleh kotanya. Perbuatan Tally dan Shay yang menghancurkan gudang senjanta, berakhir menjadi perang antara Diego dan kotanya.

Menyadari kehancuran yang telah diperbuat olehnya Tally harus kembali ke kota untuk menjelaskan semuanya pada Dr. Cable.

Sayangnya Dr. Cable sudah tahu semuanya dan dia memang sengaja mengatur perang tersebut.

Saya suka dengan kemasan kisah ini, rasanya pembaca dibuat memikirkan kembali tentang prilaku manusia di dunia ini. Bukan hanya isu mengenai lingkungan, tapi juga mengenai pola pikir dari manusia. Semakin berkuasa seseorang semakin dia merasa sombong dan berhak berbuat semaunya.


No comments:

Post a Comment