Dec 15, 2011

Bukan Pengantin Terpilih - Agnes Jessica

Agnes Jesica..

Aku memang suka sama penulis ini, sejak kapan ya?
emm.. sepertinya saat pertama kali aku baca karyanya yang berjudul Rumah Beratapkan Bougenvil,

Awalnya aku pernah liat novel ini di Gramedia Gajah Mada Medan, pengen beli, tapi ngak ada uang. Maklum waktu itu masih SMA. hehhe

Trus pas kuliah aku nemu lagi novel ini, jadilah aku beli.

Anggun dan Sinta adalah kakak beradik. Ketika Alfian, seorang pemilik peternakan yang berniat mencari istri melamar pada ayah mereka, diputuskan Sintalah yang akan menjadi istri pria itu. Tapi sinta meninggalkan rumah sehari menjelang pesta pernikahan. Terpaksa Anggun yang menggantikannya. Alfian marah, merasa dipermainkan, diberikan istri yang bukan pilihannya. Anggun pun serba salah, di satu pihak ia tak ingin keluarganya malu, di lain pihak ia merasa terhina karena Alfian tidak menghargainya. Belum lagi ketika ia mendapatkan kenyataan bahwa alasan Alfian mencari istri adalah unutk membalas dendam pada kekasihnya yang berkhianat. Mampukan Anggun menjadi istri yang baik bila ia bukan pengantin terpilih? Apakah pernikahan ini akan bertahan, bila alasan di baliknya bukan untuk membangun mahligai sebenar-benarnya ?

Awalnya aku tertarik dengan novel ini karna kisahnya mirip dengan kisah Alkitab, Yakub dan istrinya Rahel. Rahel adalah istri pilihan dari Yakub, namun karna ayah Rahel merasa tidak baik jika sang adik menikah lebih dulu dari si kakak, maka sang ayah menukar pengantin wanita itu.
Maka pada malam pengantin, Yakub menemukan si kakak sebagai istrinya, bukan Rahel yang dia cintai. Lea, kakak dari Rahel merasa sakit hati karna tidak dicintai oleh suaminya. Apalagi setelah suaminya tetap bersikeras untuk menikahi adiknya. 

Tapi di novel ini, kisahnya tidak lah sepelik dan sesedih kisah Yakub, tapi sepertinya Agnes Jesicca sedang mencoba untuk menuangkan rasa sedih dari Lea melalui cerita ini. Tapi di novel ini, si kakak, Anggun
memang bukannya istri pilihan dari Alfian, namun bisa dipastikan kalau Anggun adalah istri yang sesungguhnya dibutuhkan dan dicintai oleh Alfian. Dalam novel ini ceritakan mengenai perasaan Anggun yang diperlakukan seperti seorang istri yang tidak diinginkan. Bagaimana Anggun cemburu dengan mantan kekasih Alfian, Anggun yang mempergokki Alfian sedang berciuman dengan mantannya.

Penggalan cerita di novel ini yang bener-bener bikin aku sedih adalah saat Alfian menggambil keperawanan Anggun, memang mereka melakukannya saat status mereka sudah jadi suami istri, namun cara yang dilakukan Alfian membuat Anggun benar-benar membenci pria ini.

Namun rasa benci itu tidak lah bisa bertahan lama, karena buah cinta telah tumbuh dirahimnya. Dia mengetahui dirinya hamil disaat dia dan Alfian sudah memutuskan untuk bercerai setelah usia pernikahan mereka 6 bulan, dan itu hanya tinggal beberapa bulan lagi.

Masalah keuangan yang di alami Alfian juga membuat Anggun merasa sedih, karna Alfian menolak niat baiknya untuk membantu Alfian dengan berjualan. Di akhir kisah, Sinta, adiknya Anggun, datang untuk meminta kembali calon suaminya itu.

Dia menyesali perbuatannya yang kabur dari pernikahan itu, dan dia bersedia untuk menjadi istri kedua dari Alfian. Apakah Anggun akan benar-benar rela untuk dimadu, atau mengembalikan Alfinan kepada pengantin yang telah dia pilih dari awal?

Karya Agnes Jesicca sudah tidak bisa diragukan lagi, ibu rumah tangga ini memang bertangan dingin dalam karyanya. Walaupun belum sebagus pengarang asing. Tapi karyanya pantas di banggakan.

11 comments:

  1. annyeong chinggu

    sama aku juga suka agnes jessica, dan novel inilah pertama kali bikin jatu hati karna agnes jessica sanggup bikin kita pembaca masuk jadi tokoh utama, emg sedihnya pas alfian rebut keperawanan angun dan sampai sekarang baru punya 5 karya agness pengen bisa full..... *jahh jadi curhat sy, panjang bgt* pokoknya salam kenal, Author :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pingin baca bukunya.. tpi sekarang udah ga di jual... bisa tulisin ulang Atau di scan novel BUKAN PENGANTIN TERPILIH... pingin baca banget...

      Delete
  2. hi juga,

    sama ya aku juga cuma punya 5 novel dia, tapi sebelumny sempet curi baca novel lainnya dari teman aku..

    Agnes jessica bener2 dewasa secara tulisannya, makin lama karya yang dia keluarkan makin matang.. hihi

    makasi dah mampir ya sai..

    salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  3. aku seneng banget waktu baca novel "Bukan Pengantin Terpilih". Sedih bgt,,,tapi endingnya jozzzzzzzz!!!!!!!!!!! lagi kumpulin uang wat bli novel" lainnya karya agnes,,, :)

    ReplyDelete
  4. hi dear..

    Iya emang ngak nyesel deh kalo beli karyanya agnes Jesicca.. hehe

    ReplyDelete
  5. Hi kak, aku lagi cari novel ini di toko buku dan juga online, tapi ga ketemu terus. kakak tau ga aku gimana bisa beli buku ini? pengen banget baca :) thank you.

    ReplyDelete
  6. Bisa tulis ulang ga novel ini.. aku pingin baca buku ini. Soalnya, aku dah nyari niih buku tpi ga ketemu juga... pliss, dong... need help banget

    ReplyDelete
  7. AKU NYARI BUKU INI SAMPE KE UJUNG KOTA NGGA NEMU TWo

    ReplyDelete
  8. aku nyari buku ini sampe ke ujung kota ngga nemuu TWo padahal sejak smp lo ku cari 8 tahun yang lalu Owo sekarang.. barang x ada yang mau jual?

    ReplyDelete
  9. Mau donk...klo ada yg jual
    Boleh wa ke 081803066415

    ReplyDelete
  10. Hai2 kayaknya emang ini buka udah ga ada lagi ya.. hahahah

    nanti aku cariin di rumah deh, kalo masih ada, aku fotoin, trus aku posting ya...

    ReplyDelete