Sep 3, 2013

City of Glass - Cassandra Clare




Add to Goodreads || Download ebook

To save her mother's life, Clary must travel to the City of Glass, the ancestral home of the Shadowhunters - never mind that entering the city without permission is against the Law, and breaking the Law could mean death. To make things worse, she learns that Jace does not want her there, and Simon has been thrown in prison by the Shadowhunters, who are deeply suspicious of a vampire who can withstand sunlight.

As Clary uncovers more about her family's past, she finds an ally in mysterious Shadowhunter Sebastian. With Valentine mustering the full force of his power to destroy all Shadowhunters forever, their only chance to defeat him is to fight alongside their eternal enemies. But can Downworlders and Shadowhunters put aside their hatred to work together? While Jace realizes exactly how much he's willing to risk for Clary, can she harness her newfound powers to help save the Glass City - whatever the cost?

Love is a mortal sin and the secrets of the past prove deadly as Clary and Jace face down Valentine in the final installment of the New York Times bestselling trilogy The Mortal Instruments.


Akhirnya terjawab sudah keinginan saya. :)

Clary harus menemui Ragnor Fall untuk menyembuhkan ibunya, sayangnya Warlock ini tinggal di City of Glass atau Allincate. Tempat yang sangat di puja-puja oleh para Shadowhunter dan tempat tinggal keluarganya dulu.

Jace tidak ingin adiknya itu datang ke kota itu, karena Clary akan menjadi bahan introgasi dan penyiksaan dari Clave. Jace bekerja sama dengan Simon untuk mencegah Clary ikut bersama mereka. Tapi sebuah kecelakaan terjadi sebelum mereka memasuki portal menuju City of Glass. Simon seharusnya tidak boleh ikut ke COG karena dia seorang Downloader, tapi karena nyawanya yang nyaris melayang, dia dibawa oleh Jace ke COG. Alhasil Simon, si daylighter, masuk penjara dan disiksa oleh Inquisitor yang baru.

Sementara Clary demi sang ibu berusaha keras untuk pergi ke COG, setelah perang mulut dengan Luke dan Magnus, Clary membuat portalnya sendiri. Sayangnya, dia tidak sampai ke tempat tujuannya, dia malah masuk ke Lake Lyn dan nyaris meninggal karena meminum air di danau itu. Kabarnya isi air danau itu berbahaya untuk Shadowhunter, untunglah sewaktu masuk ke portal Clary tidak sendirian. Luke membawa Clary untuk disembuhkan oleh Amantis, adiknya. Lalu siapakah Amantis sebenarnya dan mengapa Luke tidak pernah bercerita bahwa dia punya adik? ^^

Setelah sembuh, orang yang pertama kali yang ingin dijumpai oleh Clary adalah Jace. Sayangnya, Jace mengusirnya, akan tetapi Sebastian mengulurkan tangan untuk membantu Clary. Pertama kali melihat Sebastian, Clary sangat takjub karena dia tidak mengira bahwa pangeran yang selama ini ada dalam khayalannya benar-benar nyata.

Sebastian-lah yang membawa Clary menemui Fall, sayangnya bukan Fall yang dia temui tapi Magnus. Fall ternyata sudah meninggal, tapi bukan berarti harapan untuk ibunya berakhir karena Magnus meminta Clary untuk mencari Book of White di kediaman Wayland. Dan satu-satunya orang yang bisa membawanya ke sana adalah Jace!

Di Wayland Manor, Clary dan Jace menemukan fakta bahwa Jonathan adalah anak percobaan dari Valentine. Percobaan itu membuat Jonathan menjadi seseorang dengan darah iblis di dalam dirinya. Fakta itu membuat Jace terpukul, tapi dia harus tetap kembali pada realita bahwa mereka harus melawan Valentine.


Ketika kembali dari Wayland Manor, Jace dan Clary mendapati City of Glass telah diserang oleh iblis (pasukan Valentine), untungnya ada Luke dan teman-temannya yang membantu mereka untuk menyerang iblis tersebut.  Setelah serangan tersebut Valentine menawarkan sesuatu pada penduduk COG, mereka mengikuti perintah Valentine atau mereka semua akan diserang kembali oleh pasukan Valentine yang lebih banyak.

Pada serangan itu, Jace kehilangan anggota keluarga Lightwood. Bukan hanya Jace dan Lightwood yang sedih, karena hal itu juga meninggalkan sebuah penyesalan pada Clary. Clary tidak akan pernah membelikan buku Naruto pada anak itu.

Ternyata yang membunuh anak itu adalah orang yang sama yang telah menghancurkan tembok pertahanan di COG dan juga orang yang mereka anggap adalah teman. Sebastian. Tapi rahasia sebastian bukan hanya itu.

Ibu Clary, Jocelyn, akhirnya sadar dan membawa sebuah fakta baru pada putri. Sebuah fakta tentang Jonathan, Clary, Valentine, dan Sebastian. 


Banyak yang mengatakan bahwa dari kelima bukunya, buku ketiga ini adalah buku yang terbaik dan memang harus saya akui itu. Banyak rahasia yang terungkap dan pertarungan yang terjadi juga banyak. Menurut saya ini adalah bagian klimaks dari seri ini. 

Tapi setelah membaca komentar dari anggota BBI, saya jadi tidak terlalu tertarik untuk melanjutkan seri ini. Karena tujuan awal saya melanjutkan seri ini adalah untuk mengetahui hubungan Jace-Clary yang sebenarnya dan karena buku ketiga sudah menjawabnya. Saya berencana berhenti di buku ini saja. :)

Karena rasanya seri ini lebih banyak fokus di kisah percintaannya dari pada kisah di balik kejahatan Valentine. Rasanya tokoh yang melekat hanya Clary dan Jace, juga Simon, tapi kesan jahat Valentine belum terasa oleh saya. Juga tokoh Sebastian hanya muncul singkat saja, padahal dia itu adalah master piece dari Valentine.

Walaupun begitu, saya tetep kasih rate tinggi, soalnya saya jatuh cinta pada Jace. :)


2 comments:

  1. Aaa saya juga jatuh cinta pada Jace. Jadi apakah clary dengan jace itu kakak beradik? *penasaran belum baca bukunya*.

    ReplyDelete