May 17, 2013

Mockingjay - Suzanne Collins

 








Katniss Everdeen selamat dari Hunger Games, dua kali. Tapi dia belum sepenuhnya aman dari ancaman Capitol meskipun kini ia dalam lindungan Distrik 13.

Pemberontakan makin merajalela di distrik-distrik untuk menjatuhkan Capitol. Kini tak ada seorang pun orang-orang yang dicintai Katniss aman karena Presiden Snow ingin menumpas revolusi dengan menghancurkan Mockingjay... bagaimanapun caranya.



Buku terakhir dari serial Hunger Game. Katniss yang sebelumnya di gosipkan sedang hamil anak Peeta dan ikut dalam Hunger Game. Lagi. 


Pasti masih ingat cerita tentang Hunger Game dibuku keduanya... Dimana Katniss dan Peeta beserta pemenang-pemenang terdahulu di haruskan bermain Hunger Game lagi demi kepuasan penguasa Kapitol.

Katniss yang diselamatkan oleh para pemberontak, memulai hidup barunya sebagai seorang pelarian di Distrik 13. Tak lama setelah Katniss diselamatkan, Distrik 12 langsung dihancurkan oleh Capitol. Keluarga Gale dan Katniss berhasil selamat dari bom-bom Capitol. Sekarang mereka semua tinggal di dunia bawah tanah milik Distrik 13.

Kehidupan di Distrik 13 jauh berbedang dengan Distrik 12, di sini mereka  tidak sebebas dulu, Katniss tidak bisa berburu seperti dulu dan kegiatan mereka di atur selama 24 jam penuh. Setiap pagi di tangan mereka akan di 'tato' jadwal kegiatan selama sehari dan pada malam harinya 'tato' itu akan luntur.

Pemimpin Distrik 13 mengatur sebuah rencana untuk menghancurkan kapitol, tapi mereka butuh Sang Mockingjay yang dianggap sebagai lambang pemberontakan oleh 13 Distrik di kapitol.

Mockingjay adalah campuran dari burung Jabberjay dengan Mockingbird. Dulunya, Capitol menciptakan mutt berupa burung jabberjay yang bisa menirukan suara manusia semirip mungkin dengan aslinya. Burung ini nantinya akan dilepas di kawasan musuh sehingga mereka bisa mengetahui rencana musuh. Setelah Capitol merasa yakin kekuatan mereka kuat dan tidak memerlukan burung ini lagi, mereka membuang burung-burung ini ke alam liar dengan tujuan memusnahkan mereka. Sayangnya, burung ini tidak menyerah segampang itu, mereka akhirnya kawin  silang dengan mockingbird sehingga muncul spesies baru bernama mockingjay. Kelahiran mockingjay merepukan gambaran kegagalan Capitol.

Sang Mockingjay alias 'Katniss' melakukan serangkaian syuting yang bertujuan untuk mengobarkan semangat pemberontakan kepada masyarakat. Berkat kejeniusan dari salah satu juara Hunger Game terdahulu, mereka berhasil menyadap jalur penyiaran ke Capitol.

Hampir sebagian buku ini bercerita tentang perang siaran antara Capitol dan Si Mocking Jay. Dengan pintarnya Capitol menggunakan Peeta untuk melawan iklan Katniss. President Snow seakan-akan membalas perbuatan Katniss dengan melukai Peeta, bukan secara fisik tapi psikologi Peeta di rusah oleh President Snow.

Peeta yang awalnya menyanyangi Katniss berubah menjadi Peeta yang membenci Katniss dan menganggapnya sebagai mutt. Peperangan batin Katniss menjadi sorotan utama di kisah ini. Bagaimana seorang Katniss memandang sebuah pemberontakan dan kebebasan. Hidupnya yang sekarang rasanya jauh lebih buruk dari hidupnya dulu sebelum ikut Hunger Game. Apalagi dengan banyaknya korban yang berjatuhan akibat pemberontakan yang mereka lakukan.

Disamping itu Katniss merasa, President Coin yang merupakan President Distrik 13 memiliki sifat yang tidak jauh berbeda dengan Presiden Snow. Haus kekuasaan. 

Dalam setiap peperangan kedua belah pihak pasti akan mengalami kehilangan. Sama halnya dengan Katniss, dia kehilangan seseorang yang sangat berarti bagi dia. Seseorang yang mati-matian dilindunginya dari Hunger Game. ~~


Buku ini menutup kisah Hunger Game dengan baik, walaupun setelah membacanya perasaan saya jadi campur aduk. But great book. :)






No comments:

Post a Comment