Feb 24, 2012

Remember When - Winna Efendi



SINOPSIS:
Apa pun yang kau katakan, bagaimanapun kau menolaknya, cinta akan tetap berada di sana, menunggumu mengakui keberadaannya.

Bagi kita, senja selalu sempurna; bukankah sia-sia jika menggenapkan warnanya? Seperti kisahmu, kau dan dia, juga kisahku, aku dan lelakiku. Tak ada bagian yang perlu kita ubah. Tak ada sela yang harus kita isi. Bukankah takdir kita sudah jelas?

Lalu, saat kau berkata, "Aku mencintaimu", aku merasa senja tak lagi membawa cerita bahagia. Mungkinkah kata-katamu itu ambigu? Atau, aku saja yang menganggapnya terlalu saru?

"Aku mencintaimu," katamu. Mengertikah kau apa artinya? Mengertikah kau kalau kita tak pernah bisa berada dalam cerita yang sama, dengan senja yang sewarna?

Takdir kita sudah jelas. Kau, aku, tahu itu.

***
Kisah jaman SMA, kisah pencarian cinta bukan hanya sekedar rasa sayang. Kisah tentang sahabat dan pasangannya, kisah cinta segi empat yang merusak persahabatan.

Freya si cantik yang tersembunyi di balik buku dan sifat anti sosialnya berpacaran dengan ketua osis yang juga seorang kutu buku lainnya. Moses sayang sama Freya, namun karena dasarnya Moses bukan orang yang gampang menyatakan ekspresinya, sehingga mereka itu pacaran ala pasangan alim.

Gia si cantik yang super gaul pacar dari pebasket ngetop si sekolahnya. Andrian si tampan yang sayang sama Gia namun karena sebuah kejadian besar dalam hidupnya, jadi dia jatuh cinta pada Freya.

Kematian orang yang penting dalam hidup kita pasti akan membawa perubahaan besar dalam hidup dan tingkah laku kita. Andrian tidak ingin dikasihani, baik oleh pacarnya sendiri, dan hanya satu orang yang paling mengerti kondisi Andrian. 

Freya juga pernah berada dalam posisi Andrian, hal ini lah yang membuat dia memaklumi pria itu dan dengan beberapa kejadian-kejadian unik mereka jatuh cinta.

Kebayangkan apa rasanya jatuh cinta sama pacar sahabat kita? Rasanya itu seperti makan buah simalakama. yg ampe sekarang aku tidak tahu rasanya apa  Jadi kita ibarat kan saja rasanya itu tidak enak dan pahit.

Pahit karena kita dianggap penghianat, namun sakit karena kita ngak bisa bareng ama yang kita cinta.

Novel ini bercerita tentang empat tokoh di atas, dan dengan adanya novel ini, jadi ingin menambah koleksi novel karyanya Winna Efendi.

Cerita tentang pengorbanan dan tanggung jawab. Hal yang paling mengetuk pintu katiku #esehh, adalah saat Gia sadar bahwa dengan hubungannya dengan Andrian yang lebih dari 'sekedar pacaran' bukan berarti dia bisa mengikat Andrian selamanya di sampingnya. Dia melakukannya atas keinginannya sendiri, maka diapun harus bertanggung jawab atas hal itu, bukan hanya memaksa Andrian tetap di sampingnya dengan alasan itu.

Yup, hidup ini adalah tanggung jawab, keputusan apa pun yang udah kita ambil, kita harus pertanggung jawabkan sendiri. 

Cover novel ini cukup unik dan aku suka. Tiga bintang untuk novelnya dan empat bintang untuk covernya.

Love

yuuCaaaa


2 comments:

  1. aku juga suka novel ini. winna berhasil menuturkan cerita dari 4 sudut pandang berbeda tanpa cela. keren

    ReplyDelete