Mar 1, 2018

Read Easily Anytime and Anywhere

 


Hai guys, thanks for reading my blog.

Kali ini aku mau share kegiatan membacaku yang lagi rajin-rajinnya. Secara aku kan orang yang banyak waktu habis di jalanan, dan lama-lama nonton drakor juga bikin bosen. Akhirya aku memilih ke hobby aku yang lama. MEMBACA!

Aku bukan tipe orang yang suka membaca novel khususnya yang romance, sebenarnya di rumah juga masih banyak buku-buku yang belum aku baca. Sayangnya untuk bawa-bawa buku kemana-mana rasanya agak merepotkan dan kadang kalo di bus malam-malam kadang ga bisa baca. 

Nah, karena alasan berat dan pencahayaan yang gelap, akupun memutuskan untuk mulai baca e-book. Dulu banget sih aku suka cari pdfnya lalu baca dari HP. Tapi kan sebenarnya pdf-pdf yang tersebar di google itu adalah salah bentuk dari ilegalitas! #muahahahhaha #maaf

Well, sebenarnya kalau baca pdf gitu hanya dengan pdf reader agak bikin repot kalau mau kasi tanda halaman terakhir yang kita baca. Nah, sampai suatu hari temen aku bisikin, di apliaksi xxx bisa baca novel loh... Baru dehh, aku explore dan nemu beberapa aplikasi lain... 

Aku akan coba ceritain beberapa aplikasi yang sering banget aku pake.

iJakarta & iPustaka

Kedua aplikasi ini sebenarnya hampir sama cara pemakaiannya. Konsepnya seperti perpustakaan, jadi kita pinjem buku dan kita dikasi waktu untuk membaca bukunya lalu kita kembalikan bukunya.
Kita bisa login/register dengan Facebook/email, lalu di halaman awal kita bisa liat daftar buku yang tersedia dan ada drop down menu yang mana kita bisa memilih kategori buku apa yang kita cari. 

Nah di tab kedua dari sebelah kanan, disitulah buku-buku yang sudah kita pinjam bisa kita akses. Kita akan dikasi waktu kurang lebih satu minggu dari waktu kita meminjam bukunya, setelah itu buku akan di hapus dari daftar baca kita. Kita juga memiliki maksimal 3-5 buku yang bisa kita pinjam dalam satu waktu, biar pembaca lain sama-sama dapat kesempatan buat baca bukunya ya.. 

Kalau dibandingkan antara iJakarta dan iPustaka, aku lebih suka iPustaka karena rasanya buku yang aku cari kebanyakan ada di iPustaka.

 
iPustaka

BLIMS - BCA

Aplikasi berikutnya adalah Blims, aplikasi ini khusus untuk karyawan BCA ya.. muahahahaha.
Aplikasi ini dibuat dari kerjasama dengan Gramedia dan rata-rata buku yang dipunya adalah 2 buku untuk setiap judulnya. Kalau koleksi bukunya jelas lebih sedikit dari iPustaka sih, tapi semua apliakasi ini saling melengkapi kok.. :D


Wattpad

Aplikasi terakhir adalah Wattpad.
Aplikasi ini agak beda dari aplikasi lainnya sih.. Karena ini kita tidak baca e-book yang biasanya sudah punya buku cetaknya.
Wattpad ini lebih kearah komunitas penulis yang karyanya di pajang disini. Siapa saja bisa jadi penulis di aplikasi ini, tinggal kita aja pinter-pinter pilih novel yang mana.
Dan enaknya lagi Wattpad ini bersifat internasional, yang mana kamu bisa mencari tulisan dalam bahasa apa aja... In case you are interested in non Bahasa language.
So, that's all my favorite reading apps. Thanks for read this till the end. Love you! 
God bless you.. 
Note: tulisan ini saya double post dari blog personal saya, alasannya karena themanya tentang membaca dan berhubungan dengan buku, jadi ga salah dong kalo di gabung.

And aku sudah penuhi janjiku ya...  Ini nih yang bikin aku makin rajin baca belakangan ini. :D

1 comment: