May 26, 2014

Runaway Ran - Mia Arsjad



Add to Goodreads

Katrina si anak manja yang hobi belanja online itu, sekarang harus belajar hidup irit dan mencari uang sendiri. Kebetulan, ada iklan lowongan yang di-broadcast di Blackberry. Katanya sih untuk jadi asistennya J.F. Ran, komikus pengarang 4 Hero No Zero. Tawarannya menggiurkan sih, dan berhubung kebutuhan belanja online-nya sangat mendesak, Katrina pun mengirimkan CV-nya.
Komik berjudul 4 Hero No Zero sudah tiga tahun ini booming di Indonesia. Komik nyeleneh dan kocak itu ditulis oleh J.F. Ran yang ternyata aslinya ganteng, tapi galak. Apalagi pacarnya, Viana, yang judes dan cemburuan setengah mati. Nggak heran kalau orang yang kerja jadi asisten Ran, nggak pernah bertahan lama.
Kali ini giliran Katrina yang jadi asistennya. Bakalan awet nggak ya? Kira-kira siapa yang bakalan takluk? Ran atau Katrina?

Emm... ini adalah buku Mia Arsjad pertama yang aku baca. Sepertinya dia bakalan aku masukkan dalam list penulis yang aku suka.. :)


Awal-awal sempet bosan juga baca buku ini. Memang sih ini penilaianku secara objective, soalnya aku tipikal orang yang suka to the point, dan memang sudah seharusnya sebuah buku itu ada pendahuluannya. Tapi kalau perkenalannya terkesan gampang ditebak, alhasil beberapa halaman awal akan berakhir dengan di lompati. :p

Nah mulai seru itu ketika hari pertama Katrina bekerja. Ran memang sangat cocok di gambarkan sebagai komikus sibuk dari cara kerjanya dan pandangannya terhadap fans dan pegawai. Caraya memperlakukan Katrina juga sudah sepantasnya. Jadi sampai bagian ini, saya mulai menyukai novel ini, karena terkesan like in the real word.

Kemudian, proporsi pemeran pendamping yang muncul di novel ini juga tidak terlalu timpang,.Kisah cinta sahabat Katrina itu memang pantas untuk di masukkan, agar membuat pembaca juga tidak terlalu terbuai dengan kisah yang manis.

Selama menjadi pegawai Ran, Katrina mengalami pengalaman hidup yang sangat banyak. Mulai dari bertemu dengan pacar Ran yang sangat ngeselin! Lebih dari ngeselin, rasanya kalau ada wanita seperti ini di dunia nyata, bakala gw kerdusin trus dilempar ke Samudra Hindia!! hah!

Juga sahabat-sahabat Ran yang kocak, walaupun waktu aku baca tentang mereka rasanya walalupun banyak tapi berasa cuma satu orang. Hahaha...

Kisah Ran dan Ibunya juga membuat Katrina merubah sudut pandangnya mengenai Ran. Nah, justru bagian ini yang bisa sedikit di gali kali ya. Em... Katrina itu dikatakan anak yang manja, tapi sifat Katrina menanggapi masalah keluarga Ran, cukup bijaksana. Seharusnya Mia bisa lebih menggali lagi mengenai kebiasan keluarga Katrina, apa yang membuat gadis ini bisa cukup bijaksana dan baik hati seperti itu. Karena bagian ini membuat Katrina menjadi sosok yang jauh dari dunia nyata. 

Oya, bagian ketika Katrina dan Ran mulai menjalin hubungan, rasanya seperti lagi nonton adegan Korea ;))

Endingnya memang sedih tapi manis, tapi... emmm... kita back to title lagi lah ya..
Judul buku ini kan Runaway Ran, sehingga ending buku ini lebih kearah kisah Ran, tapi pada awalnya yang ditonjolkan adalah Katrina dan masalah hobby belanjanya. So pertanyaan aku adalah bagaimana akhirnya sifat hobby belanja si Katrina?


So, actually I'm gonna give rate 5, but... I can't find the red line.. Mungin emang akunya kali yang kurang paham ya.. :-p





No comments:

Post a Comment