Sep 16, 2013

Unwind - Neal Shusterman



Add to Goodreads || Download ebook

Connor, Risa, and Lev are running for their lives.

The Second Civil War was fought over reproductive rights. The chilling resolution: Life is inviolable from the moment of conception until age thirteen. Between the ages of thirteen and eighteen, however, parents can have their child "unwound," whereby all of the child's organs are transplanted into different donors, so life doesn't technically end. Connor is too difficult for his parents to control. Risa, a ward of the state is not enough to be kept alive. And Lev is a tithe, a child conceived and raised to be unwound. Together, they may have a chance to escape and to survive.



Baca buku ini, setelah sebelumnya saya menonton serial kedokteran (Team Medical Dragon dan House) kok nya rasanya ini buku sadis banget sih?

Rasanya semua dokter-dokter disana hanya belajar ilmu bedah sama transpalasi organ --"

Selain itu, peraturan di negara tersebut juga sangat tidak masuk akal. Kenapa harus ada anak-anak yang dikorbankan untuk menyelamatkan nyawa orang lain? Memangnya anak-anak itu tidak berhak atas nyawanya sendiri?

Buku ini bercerita tentang suatu negara yang mana anak-anak dibawah delapan belas tahun, orang tuanya berhak untuk memberikan nyawa anak mereka pada pemerintah dan dianggap sebagai anak-anak Unwound. Kalau orang tuanya merasa anak tersebut memberatkan mereka, maka mereka bisa menyerahkan anak mereka (anak-anak yang tidak diinginkan)

Anak-anak tersebut akan di 'panen' oleh para dokter dan orang tubuh mereka akan di serahkan pada yang membutuhkan.

Cornor. Si anak bermasalah yang membuat orang tuanya menandatangani formulir Unwound atas dirinya.

Lev. Si anak suci yang sejak kecil sudah diputuskan untuk menjadi kurban persembahan dari orang tuanya.

Risa. Si anak yatim piatu yang bakatnya kurang cemerlang dan harus di Unwind.

Mereka bertiga bertemu dalam waktu yang kacau dan memutuskan untuk kabur dari Unwind. Mereka yakin kalau mereka berhak untuk hidup lebih lama lagi dan mereka tidak ingin hidup mereka berlanjut tapi dengan kondisi yang terpisah-pisah.

Buku ini bercerita tentang pengalaman dan perjalanan mereka selama mereka kabur dari para 'polisi'. Yang menarik adalah buku ini bercerita menggunakan sudut pandang pertama dari ketiga tokoh utama dan beberapa toko sampingannya. Hal ini sempat membingungkan saya di awal buku, saya bahkan harus membaca ulang beberapa bab sebelumnya untuk menyakinkan saya bahwa di bagian itu yang bercerita adalah Lev/Cornor/Lisa.

Pada bagian akhir, saya sempat ragu apakah buku ini berakhir bahagia atau tidak. Tapi akhir buku ini benar-benar tidak sesuai pikiran saya sebelumnya. Bagus.




No comments:

Post a Comment